14 CARA TINGKATKAN PENGHASILAN

Simak artikel berikut ini yang berisi tips mengenai cara meningkatkan penghasilan Anda sekaligus mengembangkan kemampuan dan memperluas jaringan. Tips ini ditulis oleh Alexandra Levit dan Alison Green, dua orang penulis yang aktif menulis buku dan artikel mengenai dunia kerja dan bisnis.
1. Bersikap Proaktif
Daripada bertanya pada atasan Anda mengenai apa yang harus dikerjakan, bawalah ide-ide cemerlang Anda yang akan membuat atasan Anda kagum.
2. Minta Kenaikan Gaji
Jika Anda ingin meminta kenaikan gaji, ayo bercermin dulu. Apakah Anda pantas mendapatkannya? Siapkan dan sampaikan data yang akurat mengenai kinerja Anda di perusahaan kepada atasan Anda.
3. Pindah Pekerjaan
Tidak mendapatkan kesempatan kenaikan gaji di perusahaan Anda saat ini? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mempertimbangan untuk mencari pekerjaan yang lebih menjanjikan sekaligus menyenangkan.
4. Sesuaikan CV Anda
Pasarkan diri Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda daftar. Pastikan anda menekankan keahlian yang sesuai dengan yang kebutuhan pekerjaan
5. Jangan Sungkan
Ketika Anda menerima tawaran pekerjaan, jangan merasa sungkan untuk negosiasi gaji. Lakukan penelitian untuk mendapatkan standar gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.
6. Bekerja ekstra
Kerja ekstra terkadang bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan lebih. Namun pastikan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan utama Anda, sebelum mengambil pekerjaan tambahan.
7. Tips Dari Rekan
Coba tanyakan pada rekan kerja anda, apakah mereka pernah meminta kenaikan gaji sebelumnya? Jika ya, tanyakan tips bagaimana mereka melakukannya.
8. Tumbuh Secara Profesional    
Tingkatkan kemampuan Anda dengan melibatkan diri dalam proyek di luar keahlian Anda. Jika Anda tertarik pada suatu topik tertentu, minta izin pada atasan Anda untuk mengikuti seminar atau training yang sesuai
9. Performance Review
Persiapkan diri menghadapi performance review. Evaluasi hasil kerja Anda dan ingatkan atasan Anda mengenai prestasi dan kontribusi Anda. Jangan lupa sampaikan target yang ingin Anda capai di tahun berikutnya
10. Raih Promosi
Sampaikan secara detil ke atasan Anda mengenai hasil pencapaian Anda dan bagaimana kontribusi Anda terhadap hasil yang diraih perusahaan. Ini tentu akan membantu Anda meraih promosi yang Anda inginkan.
11. Sumbangkan Waktu
Partisipasi dalam kegiatan sukarela juga bisa membantu Anda meraih pengalaman baru di luar bidang kerja Anda, misalnya dalam kegiatan penjualan atau pengumpulan sumbangan
12. Bisnis Sampingan
Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis sampingan diluar pekerjaan utama Anda. Coba untuk menggunakan hobi Anda menjadi sesuatu yang menghasilkan, tetapi pastikan Anda bisa me-manage waktu dengan baik.
13. Jejaring Sosial
Gunakan jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn untuk menjalin hubungan dengan kolega dan rekan Anda. Anda bisa mengikuti dan terlibat dalam diskusi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya.
14. Sosialisasi
Perluas jaringan Anda dengan ikut berpartisipasi dalam organisasi profesional yang sesuai dengan bidang Anda.