10 TIPS SUKSES KEMAJUAN KARIR

Tips karir ini ditulis oleh Mary Ray; seorang penulis online untuk website forbes.com yang telah menulis banyak artikel motivasi diri, kerja dan bisnis yang telah dimuat di beberapa website luar negeri. Berikut 10 tips sukses yang bisa anda implementasikan dalam kemajuan karir anda:
  1. Ungkapkan rasa terima kasih. Jika seseorang berbuat baik atau membantu Anda, luangkan waktu untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda baik melalui surat, email, pesan singkat atau ucapan langsung dan tentunya disertai  senyuman.
  2. Hidup terus berjalanSaat Anda sedang beruntung atau mengalami kesulitan di pekerjaan, ingat bahwa hidup terus berjalan. Jadi, selain selalu bersyukur di saat semuanya baik, Anda juga harus bersyukur ketika menghadapi saat-saat sulit. 
  3. Jangan meminta orang lain membuat keputusan untuk  Anda. Anda yang paling tahu apa yang paling Anda butuhkan. Ambillah waktu untuk melakukan riset, belajar dan membuat beberapa pilihan. Kemudian, baru tentukan keputusan yang terbaik untuk Anda.
  4. Pertahankan reputasi profesional AndaHindari masalah dengan rekan kerja. Luangkan waktu untuk menjalin kembali hubungan dengan rekan lama. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan berhubungan lagi dengan mereka.
  5. Tiga hal positif setiap hariSetiap malam, pikirkan tiga hal positif yang Anda raih hari ini, sekecil apa pun itu. Ini adalah cara lain untuk menunjukkan rasa syukur sekaligus melakukan introspeksi. Rasa syukur telah terbukti mampu meningkatkan kesuksesan seseorang.
  6. Tunjukkan rasa percaya diri AndaAnda hanya memiliki satu tubuh. Jadi, Anda harus merasa nyaman dengan diri Anda sendiri. Rasa percaya diri Anda akan membangkitkan kepercayaan orang-orang di sekitar terhadap diri Anda.
  7. Lingkungan SekitarKelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendorong dan mendukung Anda menjadi lebih baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Orang yang berpikiran dan bersikap negatif bisa mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal baik dan hanya menguras energi Anda.
  8. Sayangi diri sendiriBukan berarti Anda harus membeli berbagai barang mahal. Lakukan saja dengan hal-hal kecil. Misalnya dengan merapikan tempat tidur di pagi hari. Jadi ketika Anda pulang kerja dan merasa sangat lelah, Anda akan bisa langsung beristirahat dengan nyaman. Sebaiknya Anda juga rutin berolahraga agar tubuh Anda senantiasa dalam kondisi fit.
  9. Memahami wawancara kerjaWawancara kerja sejatinya adalah proses dua arah. Perusahaan berusaha memahami Anda sebagai calon pegawai. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami perusahaan tersebut. Bagaimanapun, kalau Anda berencana menghabiskan waktu Anda sekurangnya 40 jam per minggu, sebaiknya Anda benar-benar memahami bagaimana perusahaan bisa membantu Anda dalam mengembangkan karier.
  10. Positif mengenai kesalahanSetiap kesalahan yang Anda buat selayaknya menjadi pengalaman belajar berharga dalam hidup Anda. Jangan takut berbuat salah, tetapi pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang sama dua kali.